12 Teknik Marketing Digital yang ampuh tingkatkan Target penjualan anda

12 teknik teknik marketing digital  yang ampuh tingkatkan penjualan anda 

Di Era serba digital ini pasti banyak pebisnis yang menggunakan berbagai tekni marketing untuk meningkatkan penjualan nya. 

Kamu baru memulai bisnis dan sedang mempelajari teknik marketing? Marketing merupakan bagian penting dalam menjalankan bisnis. Dengan menerapkan teknik marketing yang tepat, bisnis yang kamu jalankan bisa mengalami perkembangan yang pesat dan meningkatkan keuntungan.

Ayo teman teman simak baik baik ya materi berikut!

1. Ketahui dan segmentasi pasar


Dalam teknik marketing, dikenal teori 4P. teori yang dapat meningkatkan penjualan dan pemetaan terkait target konsumen itu sendiri. Seiring dengan berkembangnya pasar, hal tersebut menuntut untuk berkembangnya strategi pemasaran itu sendiri. Dari yang semula menggunakan teori 4P, menjadi berkembang dengan strategi pemasaran 7P.
Beberapa hal penting dalam teknik marketing 7P adalah sebagai berikut:

• Price (harga)

• Product (produk)

• Place (tempat)

• Promotion (promosi)

• People (pelanggan/konsumen)

• Packaging (kemasan)

• Process (proses)


2. Perencanaan Produk

Perencanaan produk adalah proses untuk menciptakan produk, mulai dari perencanaan, uji coba, produksi massal, hingga evaluasi. Perencanaan produk melibatkan beberapa divisi, tidak hanya satu divisi saja.

Berikut adalah beberapa manfaat dan tujuan perencanaan produk: 
 
Meminimalkan biaya
Perencanaan produk dapat membantu menekan biaya modal karena seluruh kebutuhan sudah diperhitungkan dengan tepat. 
 
Memaksimalkan inventaris dan perlengkapan
Perencanaan produk yang matang dapat memaksimalkan sumber daya seperti perlengkapan dan inventaris. 
 
Menjamin rencana penjualan dan produksi sesuai rencana strategis perusahaan
Perencanaan produk dapat menjamin rencana penjualan dan produksi sesuai dengan rencana strategis perusahaan. 
 
Mengukur seberapa besar perusahaan mampu memproduksi barang
Perencanaan produk dapat mengukur seberapa besar perusahaan mampu untuk memproduksi barang serupa dari waktu ke waktu. 
 
Memudahkan perusahaan dalam memonitor hasil produksinya
Perencanaan produk dapat memudahkan perusahaan dalam memonitor hasil produksinya secara akurat.

3. Penentuan Harga Produk yang sesuai 

• Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Penetapan Harga

a. Konsumen 
b. Kompetitor
c. Biaya

4 .Pilihlah tempat yang  strategis Serta Strategi Distribusi yang Tepat
 
Memilih tempat yang strategis ini juga salah satu jenis strategi pemasaran yang wajib di ketahui.

• Hal -  hal yang perlu Dipertimbangkan dalam Penentuan Tempat atau Lokasi yang Strategis 

a. Sesuaikan dengan Demografi Kosumen

b. Pertimbangkan Keramaian Tempat atau Lokasi Bisnis

c. Pikirkan Juga tentang Keterjangkauan Tempat

d. Pilih Tempat yang Mudah Dilihat

5. Gunakan Teknik Promosi 
 
Terdapat beberapa teknik promosi yang tepat, berikut ini beberapa teknik promosi yang dimaksud:

a. Memberikan harga diskon / potongan harga
b. Lakukan _giveaway_  atau memberikan hadiah untuk beberapa kuis 
c. Gunakan jasa influencer,untuk meningkatkan brand awareness dan meningkatkan target penjualan
d. Memberikan cashback untuk setiap produk atau jasa yang dibeli oleh pelanggan
e. Berikan hadian dan voucher belanja di waktu tertentu (seperti event 9.9)

6. Penggunaan Media Sosial 

Dalam teknik marketing online, media sosial adalah pondasi dan kunci untuk dapat menjalankan dan meningkatkan bisnis dengan baik. Media sosial seperti Instagram dan Facebook banyak digunakan sebagai etalase bisnis online. Banyak konten yang dibuat berdasarkan produk atau jasa yang dimiliki.

Sementara Instagram dan Facebook digunakan sebagai etalase bisnis, Whatsapp dan Telegram digunakan sebagai media untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara online. Penggunaan media sosial secara optimal dapat meningkatkan penjualan secara efektif dan efisien.

7. Lakukan Teknik Marketing  mulut ke mulut 

Pemasaran dari mulut ke mulut (atau pemasaran WOM) adalah ketika minat konsumen terhadap produk atau layanan perusahaan tercermin dalam dialog harian mereka. Pada dasarnya, ini adalah iklan gratis yang dipicu oleh pengalaman pelanggan—dan biasanya, sesuatu yang melampaui apa yang mereka harapkan.

POIN-POIN UTAMA

• Pemasaran dari mulut ke mulut (pemasaran WOM) terjadi ketika konsumen berbicara tentang produk atau layanan suatu perusahaan kepada teman, keluarga, dan orang lain yang memiliki hubungan dekat dengan mereka.
• Pemasaran WOM adalah salah satu bentuk periklanan paling ampuh karena 88% konsumen memercayai rekomendasi teman mereka dibandingkan media tradisional.
• Perusahaan dapat mendorong pemasaran WOM dengan melampaui ekspektasi terhadap suatu produk, menyediakan layanan pelanggan yang baik, dan memberikan informasi eksklusif kepada konsumen.
• Word of Mouth Marketing Association (WOMMA) mengutip strategi pemasaran dari mulut ke mulut terbaik adalah yang jujur, kredibel, sosial, terukur, dan penuh hormat.
• Pemasaran WOM mencakup berbagai teknik pemasaran, seperti buzz, blog, dan pemasaran media sosial.

8. Ciptakan Product Branding 

Product branding atau branding produk adalah suatu strategi dengan memberikan identitas kepada produk agar dapat mudah dikenali konsumen. Adapun identitas yang diberi dapat berupa logo, kemasan, deskripsi, dan lain-lain.

Apa tujuan kita melakukan branding produk?

Memberikan daya tarik bagi konsumen. Memudahkan perusahaan mendapatkan loyalitas pelanggan terhadap produk atau jasa Anda. Membuka peluang perusahaan untuk menetapkan harga jual yang tinggi. Menjadi pembeda atau ciri tertentu yang membedakan produk perusahaan dengan produk milik kompetitor.

Kenali 6 Elemen dari Brand 
1. Brand Voice 
2. Brand  Identity
3. Brand Promise
4. Brand Values 
5. Brand Targeting 
6. Brand Positioning

Elemen Branding apa saja? 

Elemen Branding ini meliputi  (nama merek, logo , slogan , palet warna ,tipografi , citra ,dan estetika keseluruhan.) 

9. Pemberian insentif sebagai Media Promosi 

Insentif promosi adalah penawaran yang diberikan untuk mempengaruhi pelanggan agar membeli barang atau jasa. Insentif promosi biasanya berupa: Kupon diskon, Promosi keranjang belanja, Penawaran gratis ongkos kirim, Bonus barang.


Tujuan Pemberian Insentif: Mendorong Kinerja Unggul

Meningkatkan motivasi karyawan: Insentif memberikan dorongan ekstra bagi karyawan untuk bekerja lebih giat dan mencapai target. Meningkatkan produktivitas: Dengan adanya insentif, karyawan cenderung lebih fokus dan efisien dalam menyelesaikan tugas-tugas mereka.

Dalam pembahasan strategi pemasaran yang sering dibahas dalam artikel berbentuk PDF juga, salah satu media yang baik untuk memanfaatkan promosi adalah dengan menciptakan wadah atau media yang menyatukan para pelanggan dari produk atau jasa kita. Ini juga bisa dijadikan sebagai media untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan.

10. Memberikan potongan Harga atau Diskon 

Salah satu contoh teknik marketing yang selalu efektif menarik pelanggan baru adalah dengan memberikan potongan harga atau diskon. Setiap pembeli, termasuk kamu sendiri, akan menyukai potongan harga untuk setiap produk atau jasa yang kamu butuhkan atau kamu inginkan. Hal tersebut wajar belaka, karena kita akan mendapatkan produk atau jasa dengan harga murah.

Dengan memberikan potongan harga, kamu bisa memanjakan dan memuaskan pelanggan lama serta dengan bersamaan kamu sedang menarik perhatian pelanggan baru. Tentu saja potongan harga atau diskon tidak bisa kamu lakukan secara sembarangan, karena bagian dari teknik marketing terdapat beberapa tips yang perlu kamu perhatikan.

Berikut adalah beberapa tips teknik marketing diskon : 

Diskon eksklusif

Diskon yang diberikan pada inventaris tertentu untuk menciptakan kesan eksklusivitas. 

 

Diskon pada barang terlaris

Diskon yang diberikan pada barang yang sedang tren atau terlaris untuk menarik pelanggan baru dan meningkatkan jumlah pengunjung. 

 

Diskon untuk pembelian produk pelengkap

Diskon yang diberikan untuk mendorong pembelian produk pelengkap atau bernilai lebih tinggi. 

 

Diskon dengan syarat postingan di media sosial

Diskon yang diberikan dengan syarat pelanggan memposting foto produk yang sudah dibeli di media sosial. 

 

Diskon dengan kupon atau kode

Diskon yang diberikan melalui kupon untuk bisnis offline atau kode untuk bisnis online. 

 

Diskon dengan email marketing

Diskon yang diberikan melalui email marketing, seperti tautan ke halaman produk, kupon atau kode diskon, dan pemberitahuan diskon.

11. Tawarkan Produk secara gratis 

Salah satu dari macam-macam strategi promosi yang terdapat dalam teknik marketing adalah menawarkan produk secara gratis. Memang pada akhirnya pemasukan yang kamu dapatkan akan menurun karena produk yang keluar diberikan secara gratis atau secara cuma-cuma.

Teknik marketing ini sendiri merupakan salah satu contoh strategi pemasaran produk yang sudah lama dikenal meskipun banyak teknik-teknik marketing baru yang berkaitan dengan digital, teknik marketing ini tetap ampuh menarik pelanggan.

12. Ciptakan hubungan baik dengan pelanggan 

Salah satu elemen strategi pemasaran yang tidak akan pernah dapat dilepaskan yaitu hubungan baik antara penjual dan pelanggan. Seperti apapun strategi pemasaran yang kamu terapkan, akan efektif kamu jalankan jika kamu menciptakan hubungan baik dengan pelanggan.

Dalam teknik marketing, pelanggan adalah sasaran atau target utama. Setiap teknik penjualan dilakukan untuk menyasar pelanggan agar mau membeli produk ataupun jasa yang ditawarkan. Setelah memiliki beberapa pelanggan yang loyal dan tepat, kamu harus membangun dan menciptakan hubungan yang baik.

Komunikasi personal

Perlakukan pelanggan sebagai individu, bukan hanya angka. Anda bisa menyapa dan memanggil pelanggan dengan nama mereka, dan menggunakan kata sapaan seperti Kak, Bu, atau Pak. 

Berikan apresiasi

Anda bisa memberikan apresiasi kepada pelanggan setia dengan memberikan diskon, penawaran khusus, atau hadiah. 

Berikan layanan pelanggan yang baik

Anda bisa meningkatkan customer service, menghadirkan dukungan sepenuhnya, dan mengoptimalkan layanan purnajual. 

Mendengarkan pelanggan

Anda bisa menjadi pendengar yang baik dan mempertimbangkan feedback pelanggan.  

Berikan hadiah

Anda bisa memberikan hadiah kecil kepada pelanggan, seperti gantungan kunci, souvenir, kaos, atau mug. 

Ajak pelanggan mengisi jajak pendapat

Anda bisa mengajak pelanggan untuk mengisi jajak pendapat atau kuesioner untuk mendapatkan umpan balik. 

 Respon cepat tanggap

Anda bisa memberikan tanggapan yang cepat kepada pelanggan.

nah Jika bisnis anda ingin tumbuh dan bersaing secara efektif di era digital, saatnya anda mulai menerapkan strategi digital marketing yang tepat. 

siap untuk meningkatkan dan mengoptipasi bisnis anda? hubungi no ini: 0811-2829-003

hubungi dan konsultasi sekarang dan rencanakan strategi bisnis yang tepat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

STRATEGI BISNIS DIGITAL MARKETING